Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
logo
  • PT. BPR HARTA SWADIRI
blog-img-10

Posted by : Bella

Literasi Keuangan: Pengertian, Jenis, dan Manfaat

Tak bisa dipungkiri bahwa kehidupan sehari-hari manusia pasti berkutat dengan keuangan. Maka dari itu literasi keuangan pun sangat penting untuk dipahami masyarakat luas.

Manfaat dari literasi keuangan pun juga sangat penting bagi masyarakat.

Dilansir dari berbagai sumber, literasi keuangan adalah kemampuan untuk memahami dan menerapkan berbagai keterampilan keuangan.

Hal tersebut seperti membuat anggaran keuangan, mengatur tabungan hingga investasi pribadi.

Selain itu melansir dari laman OJK, literasi keuangan di Indonesia dibagi menjadi 4 yakni Well Literate, Sufficient Literate, Less Literate, dan Not Literate.

Well literate sendiri adalah pengetahuan dan keyakinan masyarakat terhadap lembaga jasa keuangan serta produk jasa keuangan, termasuk fitur, manfaat dan risiko, hak dan kewajiban terkait produk dan jasa keuangan, serta memiliki keterampilan dalam menggunakan produk dan jasa keuangan.

Sufficient literate berarti masyarakat memiliki pengetahuan dan keyakinan tentang lembaga jasa keuangan serta produk dan jasa keuangan, termasuk fitur, manfaat dan risiko, hak dan kewajiban terkait produk dan jasa keuangan.

Less literate mempunyai arti bahwa masyarakat hanya memiliki pengetahuan tentang lembaga jasa keuangan, produk dan jasa keuangan.

Sedangkan Not literate dapat diartikan bahwa masyarakat tidak memiliki pengetahuan dan keyakinan terhadap lembaga jasa keuangan serta produk dan jasa keuangan, serta tidak memiliki keterampilan dalam menggunakan produk dan jasa keuangan.

Manfaat literasi keuangan bagi masyarakat luas pun beragam di antaranya adalah agar masyarakat mampu memilih dan memanfaatkan produk dan layanan jasa keuangan yang sesuai kebutuhan mereka.

Selain itu supaya masyarakat juga dapat terhindar dari aktivitas investasi pada instrumen keuangan yang tidak pasti.

Nah Sobat Swadiri bagaimana dengan kalian? Apakah sudah paham dengan literasi keuangan?

Agar bisa terhindar dari produk atau pun jasa keuangan yang tidak jelas, yuk percayakan pengelolaan keuanganmu pada BPR HARTA SWADIRI.